Perubahan Jadwal Piala Afrika Jadi Petaka Bagi Liverpool – Manajer Liverpool, Jurgen Klopp mengatakan kalau pergantian jadwal Piala Afrika 2020 menjadi kerugian besar Pasang Bola bagi timnya.

Perubahan Jadwal Piala Afrika Jadi Petaka Bagi Liverpool

Sebelumnya, Piala Afrika edisi 2019 dilangsungkan terhadap musim panas pas waktu kompetisi-kompetisi Eropa telah berakhir. Namun untuk tahun 2020, pihak penyelenggara mengambil keputusan untuk memajukan jadwal terhadap musim dingin tepatnya terhadap 9 Januari-6 Februari 2021.

Perubahan jadwal itu sendiri merupakan permintaan berasal dari tuan rumah, Kamerun. Salah satu alasannya adalah aspek cuaca.

Keputusan tersebut menyebabkan kritik, salah satunya berasal dari Jurgen Klopp. Ia mengatakan kalau gelaran Piala Afrika terhadap musim dingin membawa dampak pemain kelelahan. Mendatangkan pemain baru juga bukan ketetapan yang beruntung mengingat minimnya waktu adaptasi.

Seperti diketahui Liverpool miliki sebagian pemain kunci yang berasal berasal dari Afrika yakni Naby Keita, Sadio Mane dan Mohamed Salah.

“Kompetisi di musim dingin tidak menolong pemain Afrika. Kami tidak bakal menjajakan Sadio, Mo atau Naby sekarang, dikarenakan mereka miliki turnamen di bulan Januari dan Februari, pasti tidak, namun kalau Anda harus membawa dampak ketetapan untuk mendatangkan pemain, itu masalah besar dikarenakan tahu tidak bisa memilikinya selama 4 pekan sebelum saat musim bergulir,” kata Klopp, seperti dilansir Independent.

“Itu adalah sistem yang normal. Sebagai klub, Anda harus memikirkan hal-hal seperti ini. Itu sama sekali tidak menolong para pemain. Tetapi, ketetapan ini dibikin tanpa bertanya ke pemain, manajer atau siapa pun. Itu sebuah ketetapan [yang diambil alih secara sepihak].”

“Sekarang mereka mengirim semua pemain ke musim dingin lagi, di tengah musim ke turnamen di dalam kondisi yang berbeda, dan ulang berasal dari Piala Afrika bukan perihal yang ringan dilakukan. Namun kesejahteraan pemain tidak dipikirkan. Ini perihal yang sangat penting,” jelasnya.